22 November 2010

Software

Sebagai seorang yang memiliki kuantitas berhadapan dengan komputer yang lebih banyak dari orang-orang kebanyakan, tentunya seseorang tersebut memiliki argumentasi tersendiri mengenai perangkat komputer tertentu. Namun, argumentasi merupakan sesuatu yang sifatnya subjektif, jadi beberapa hal yang ada dalam artikel ini bukanlah sebuah ketetapan hukum yang mutlak harus diberlakukan bagi setiap pengguna computer di dunia. Di bawah ini beberapa daftar software, mulai dari yang dianggap terbaik hingga yang kurang baik untuk digunakan menurut pengalaman saya.

A. Pengolahan data
1. Microsoft Office 2007
Merupakan program yang baik, stabil, memiliki tampilan yang menarik dan mudah digunakan. Namun, memiliki kekurang dalam kapasitas memory yang digunakan. Program ini memerlukan penggunaan memory yang cukup besar dalam setiap prosesnya (mungkin hal ini tidak berlaku untuk computer dengan spesifikasi tinggi) dan juga banyak beredar Microsoft Office 2007 bajakan.
2. Open Office
Merupakan program yang baik, memiliki tampilan yang menarik. Namun program ini belum begitu dikenal oleh banyak pengguna computer di Indonesia, jadi belum banyak orang yang mengerti tantang program ini dan hal itu menyebabkan pemakai tidak dapat mempelajari dan menggunakan program ini dengan maksimal.
3. Microsoft Office 2003
Merupakan program yang baik, stabil dan tidak begitu sulit digunakan. Namun, belum memiliki fitur yang lengkap dan tampilannya yang kurang menarik. Dan juga dalam beberapa keadaan, program ini sulit digunakan bagi para pemula.

B. Antivirus Lokal
Pada umumnya antivirus lokal memiliki kriteria dan sifat yang mirip. Antivirus ini bersifat baik dan stabil (baik FREE maupun berbayar). Namun terkadang, antivirus ini menganggap file non-virus sebagai virus begitu pula sebaliknya. Dan antivirus ini kurang baik dalam menangani virus yang berasal dari luar Indonesia. Berikut ini beberapa nama antivirus lokal yang umum beredar dimasyarakat.
a. SMADAV Pro
b. SMADAV Free
c. PC Media
d. ClamWin



C. Antivirus Non-Lokal
1. AVG
Antivirus yang baik, stabil dan bekerja aktif. Antivirus ini sangat mudah digunakan, karena penggunanya hanya menantikan laporan dari proses yang dijalankan antivirus ini secara otomatis. Namun, antivirus ini membutuhkan waktu yang lama dalam melakukan proses scan.
2. Mc Afee
Antivirus yang baik dan bekerja aktif. Antivirus yang mudah, berkualitas dan aktif. Namun, antivirus ini membutuhkan kapasitas memory yang cukup besar dalam melakukan prosesnya dan antivirus ini sedikit sulit dalam proses update.

D. Media Player
1. Winamp
2. Windows Media Player
Itulah beberapa software yang biasanya wajib ada dikomputer pada umunya. Soal software lain, boleh langsung tanya dan posting aja. Misalnya, software editor, pemrograman, dan yang lainnya….

Tidak ada komentar: